Kependudukan & IKM 2021

 

Jumlah Penduduk

Jumlah

Jenis Kelamin

Jumlah Total

Laki-laki

Perempuan

Jumlah penduduk tahun ini

26.159 orang

26.491 orang

52.650 orang

Jumlah penduduk tahun lalu

24.109 orang

26.065 orang

50.174 orang

Persentase perkembangan

1,78 %

2,57 %

2,19 %

 

 

Jumlah Keluarga

Jumlah

KK

Laki-laki

KK

Perempuan

Jumlah Total

Jumlah Kepala Keluarga tahun ini

13.769

3.158

16.927 KK

Jumlah Kepala Keluarga tahun lalu

7.579

2.527

10.106 KK

Persentase perkembangan

48 %

60 %

25 %

 



  • HASIL PENGUKURAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM 2021)

Nilai Interval SKM

Nilai Internal Konversi SKM

Mutu Pelayanan

Kinerja Unit Pelayanan

1,00 – 1,75

25,00 – 43,75

D

TIDAK BAIK

1,76 – 2,50

43,75 – 62,50

C

KURANG BAIK

2,51 – 3,25

62,51 – 81,25

B

BAIK

3,26 – 4,00

81,26 – 100

A

SANGAT BAIK

Berdasarkan hasi pengolahan terhadap kuesioner tersebut, adalah sebagai berikut :

  1. Jumlah responden : 100 Responden
  2. Nilai interval SKM : 3,40
  3. Kategorisasi Mutu Pelayanan : 85

Dengan Kategorisasi SANGAT BAIK

Rata – rata nilai dari suatu unsur pelayanan menunjukkan penilaian masyarakat, terhadap unsur pelayanan tersebut. Berdasarkan hasil pengolahan terhadap kuesioner tersebut, nilai rata – rata dari masing – masing unsur pelayanan, adalah sebagai berikut :

Nilai Rata – rata (NRR) dan survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

No

Unsur Pelayanan

NRR

1

Persyaratan Pelayanan

3,53

2

Prosedur Pelayanan

3,25

3

Kecepatan Pelayanan

3,25

4

Kewajaran Biaya Pelayanan

3,43

5

Produk Pelayanan

3,11

6

Kemampuan Petugas Pelayanan

3,80

7

Kesopanan dan Keramahan Petugas

3,50

8

Kesesuaian Pelayanan

3,50

9

Tindak Lanjut Keluhan Terhadap Pelayanan

3,28

 

            Dari survey yang dilakukan dimana seluruh responden telah memberikan penilaian sesuai kriteria masing – masing, yang masih berupa data mentah tersebut diolah dalam bentuk tabulasi data Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) per responden serta per unsur pelayanan.Kemudian dari lembar data jawaban 100 responden tersebut diambil nilai rata – rata per unsur pelayanan. Terlihat bahwa secara total nilai rata – rata perunsur pelayanan untuk :

  1. Persyaratan pelayanan (U 1), adalah terkait dengan persyaratan teknis dan administrasi, yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pelayanan sesuai dengan perijinan. Untuk hal ini rata – rata responden memberikan penilaian “sangat sesuai” dimana persyaratan teknis dan administrasi dinilai sangat baik, mudah, transparan dan logis. Total nilai untuk ini adalah 353 dan akumulasi rata – rata 3,53.
  2. Prosedur Pelayanan (U 2), dimana tahapan/tata aliran/system prosedur pelayanan dinilai mudah dan sederhana. Untuk itu rata – rata responden memberikan penilaian ‘mudah” dengan total nilai 325 dan akumulasi rata – rata 3,25.
  3. Kecepatan pelayanan (U 3), yaitu terkait penetapan target waktu penyelesaian pelayanan yang telah ditentukan dan menjadi komitmen bersama unit pelayanan publik. Untuk hal ini rata – rata responden memberikan penilaian “ cepat” dan yang sudah ditetapkan. Total nilai adalah 325 dan akumulasi rata – rata 3,25.
  4. Kewajaran biaya pelayanan (U 4), yaitu keterjangkauan masyarakat terhadap besarnya biaya yang telah ditetapkan oleh unit pelayanan. Untuk hal ini rata – rata responden memperikan penilaian “gratisdimana penetapan biaya masih dianggap wajar dan tidak memberatkan. Dengan total nilai 343. dan akumulasi rata – rata 3,
  5. Produk Pelayanan ( U 5 ) Untuk hal ini rata – rata responden memperikan penilaian “sesuai Dengan total nilai 311. dan akumulasi rata – rata 3,11.
  1. Kemampuan petugas pelayanan (U 6), yaitu Kompetensi / Kemampuan petugas dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat. Rata – rata responden memberikan penilaian “sangat kompetendan total nilainya 380 dengan akumulasi rata – rata 3,80.
  2. Kesopanan dan keramahan petugas pelayanan (U 7), adalah berkaitan dengan sikap dan prilaku petugas dalam memberikan pelayanan. Unsur yang lebih ditekankan adalah sikap sopan dan ramah serta saling menghormati dan menghargai. Untuk hal ini rata – rata responden memperikan penilaian “sopan dan ramahdengan total nilai 350 dan akumulasi rata – rata 3,50.
  3. Kualitas Sarana & Prasarana ( U 8 ) Untuk hal ini rata – rata responden memperikan penilaian “Sangat baik Dengan total nilai 350.dan akumulasi rata – rata 3,50.
  4. Tindak Lanjut Keluhan Terhadap Pelayanan ( U 9 ) Untuk hal ini rata – rata responden memperikan penilaian “Berfungsi Dengan Baik Dengan total nilai 328. dan akumulasi rata – rata 3,28.

Nilai Survey Unit Pelayanan, adalah dengan masing masing menghitung nilai per unsur dikali 0,111.Perkalian masing – masing unsur kemudian dijumlahkan. Dari penjumlahan ini didapatkan :

  1. Akumulasi Nilai Rata – rata Tertimbang Per Unsur Unit Pelayanan adalah 3,40
  2. Nilai Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) setelah dikonversi dari Nilai Indeks Unit Pelayanan (3,40) dikalikan nilai dasar (25) = 85.